Bumbu Instan VS Bumbu Racikan Sendiri

(Salah satu contoh penggunaan bumbu instan pada jenis masakan yang kurang tepat)

Hohoho Mama Indri kembali membahas masakan. Buat yang baru belajar masak maupun yang udah bolak balik ke dapur boleh dicatat.
Perseteruan antara bumbu instan versus bumbu racikan sendiri emang gak bakalan berakhir. Ini perang terlama yang gak akan ada habisnya. Satu sisi bilang :

“Bumbu instan gak baek banyak MSG, bahan pengawet, belum pewarna dan lainnya. Bahaya buat perkembangan si kecil.”

Sementara Tim Bumbu Instan berkata :

“Praktis kagak usah nguleg apalagi ngeblender bumbu. Tinggal tuang cocok buat working mom yang semuanya kudu cepat. Rasanya jaminan enak.”

STOP! Jangan diteruskan gak enak didengar tetangga. Betewe, masak kan dapurnya masing-masing ngapain sih komen dapurnya orang kalau kita aja malah gak pernah masak. Eh salah maksudnya masak tapi akhirnya penghuni rumah pesen makanan pake aplikasi.

Benar sebagai Ibu Rumah Tangga musti perhatikan kesehatan anggota keluarganya. Dengan menyajikan masakan rumahan yang enak dan bergizi. Namun, kita sendiri juga gak bisa memaksakan diri kalau memang kondisinya kepepet buat masak. Fleksibel dong buk ibuk! Tak selamanya kita bisa perfecto!

Bumbu racik buatan sendiri sangat sangat berguna jika bahan bumbu seperti bawang, merica, ketumbar, kemiri, dkk ternyata dalam kondisi harga wajar. Kita masih bisa beli di pasar juga stok gak langka. Tenaga buat nguleg ada buat yang nggak punya blender. Buat yang punya blender masih bisa halusin bumbunya asal listrik nggak mati dan blender normal jaya.

Bumbu Instan berguna saat kondisi gawat darurat. Seperti udah beli bahan masakan tapi gak taunya ada acara dadakan dan waktu masak hanya 1 jam saja. Pas harga bawang gila bisaa. Pas segala peralatan masak error, dipinjam tetangga tapi gak balik, dan masalah lainnya termasuk masih pemula. Namun alasan masih pemula tak bisa selalu dijadikan sebuah alasan harus pake bumbu instan terus.

“Makanya belajar…!!”

Bumbu Instan ada dua jenis, basah dan bubuk. Semuanya baik ajalah asal lihat masa kadarluarsanya ya. Jangan main tabrak aja ntar keracunan satu keluarga buahaya hahaha….

Bagi pemula sah menggunakan bumbu praktis ini. Sebab banyak pilihan dan untuk masakan standar pun sudah banyak macam juga mereknya. Mulai dari harga 2000 an sampe harga 15 ribuan lebih juga ada. Namun tetap harus belajar meracik bumbu sendiri. Kenapa?
Kita gak pernah tahu apakah di semua wilayah Indonesia tersedia bumbu instan. Oke deh di supermarketnya atau di minimarketnya. Tapi ada yang tinggalnya jauh dengan pusat perbelanjaan apalagi pasar besar. Kalaupun ada ya warung sayur dan tak semuanya menyediakan bumbu instan untuk semua masakan.

“Iyalah mau bikin sayur bayem pake bumbu instan?”

Nah itu…karena saya dulu juga pemakai bumbu instan. Tapi tetap belajar buat bumbu racikan sendiri. Sebab tukang sayur yang lewat bedengan di Bengkulu dulu gak jual bumbu instan. Harus ke warung nah sementara warung lumayan jauuh.

“Pegel buat nguleg…”

Beli atau pinjam blender tetangga. Kalau nggak enakan ya ada baiknya beli deh. Lagipula beli blender sekali dan gak bolak balik. Bahkan sekarang ada kan blender tarik buat bumbu aja. Praktis tinggal tarik.

Sejujurnya, kita gak perlu meributkan masalah MSG, bahan pengawet, nggak sehat apalah apa. Sebab dengan kita sudah mau menyediakan masakan di rumah sudah salah satu usaha kita untuk menyediakan pangan sehat plus hemat. Sebab beli masakan di luar tak jaminan selalu bersih. Belum lagi kita tak tahu bahan yang digunakan masih layak atau nggak. Iya kan?

Corona dan Drama Masker-maskeran

Ilustrasi Masker

Judulnya absurd banget tapi inilah yang mau saya bahas di postingan kali ini. Sebab apa? Ditengah kejadian virus Corona yang mewabah malah justru dimanfaatkan oleh orang banyak untuk bisnis masker. Benar mencegah lebih baik. Tapi masker tak bisa mengobati orang yang sudah terpapar virus ini duluan.

Saya sudah mengenal virus ini jauh bahkan saat kuliah di peternakan dulu. Pembahasannya tidak terlalu dalam tapi bentuknya dan cirinya seperti apa sudah pernah dijelaskan oleh dosen saya. Hanya saja saat itu dosen saya tidak memaparkan bagaimana efek dari si virus Corona ini jika terpapar ke manusia. Rupanya saya baru tahu sekarang bahwa efeknya mengerikan.

“Ini hanya sekedar opini saya saja sih.”

Saya gak mau bahas virus Coronanya karena saya gak paham. Saya hanya ingin membahas ketololan (maaf ya kasar deh dah sebel banget) orang yang tiba-tiba butuh masker buanyak sehingga permintaan tinggi tapi stok menipis (konon katanya) hingga mengakibatkan harga jadi edan. Bahkan terakhir, saya dapat dari IG Story nya saudara sepupu kalau harga masker per kotak (bukan per dus nya ya) di angka 220 ribu. What the hell??!

“Kalau saya mau, saya bisa ikutan bisnis jualan masker ini tapi sejurus kemudian saya berpikir.”

Ini memanfaatkan situasi yang sebenernya ya di Indonesia sendiri tidak se-gawat di negara tetangga Singapura misalnya. Bahkan banyak kok saat saya berkendara di jalan raya pada santuy semua gak pake masker. Kalaupun ada bisa dihitung jari. Padahal namanya jalan raya itu penularan virus, bakteri dan apapun itu yang paling baik belum ditambah gas buangan dari kendaraan bermotor. Tapi gak tau sih ya kalau virusnya udah terlanjur mati duluan pas di jalan raya dan gak sempat menginveksi pengendara motor. Termasuk saya juga gak pake masker padahal dulu kalo naik motor minimalnya pake lah slayer buat nutup idung.

“Ini yang jadi pertanyaan saya, kalau begitu darimana ceritanya harga masker kok bisa edan gitu?”

Setahu saya, jika barang di pasaran langka atau hanya sedikit maka harga jual pasti melambung tinggi. Tapi jika di pasaran stok barang normal ya harga pun normal. Lagipula seperti yang saya sebutkan diatas bahwa kenyataannya gak banyak yang pakai masker. Terus seng pakai masker sopo? Makhluk gaib?

“Lah kan maskernya yang butuh saudar kita di luar negeri di Wuhan sana atau di negara mana kek yang sudah banyak terpapar virus Corona.”

Iya paham! Lah tapi emangnya di luar negeri gak ada masker? Ada dong. Pemerintah di negara lain gak cuek bebek sekalipun sama pendatang yang resmi ya. Mereka akan usahakan ketersediaan masker bahkan gratis bukan dengan menjualnya gila-gilaan. Oke deh meminta bantuan untuk dikirimkan masker dari Indonesia. Ingat loh itu bantuan bukannya malah jualan. Saya gak habis pikir kalau situasi semacam ini malah dimanfaatkan buat bisnis dadakan. KECUALI memang sejak awal jualan masker ya sudah kan dia harus mengikuti harga dari pabrik atau dari reseller dia. Mau gak mau.

Drama masker-maskeran rasanya makin jadi ditambah munculnya penipu “bermasker” yang ngaku punya stok dus-dusan. Lantas menipu banyak orang hingga jutaan. Yaah…sudah bisa ditebak kan endingnya begini. Termasuk ada orang yang muak dan membongkar kedok penjual masker bikin postingan eh yang beli dia sendiri. Supaya harganya jadi naik ini sih lagu lamaaa.

Satu yang pasti buat saya. Jualan hanya saat momen seperti ini, sejujurnya gak akan bertahan lama. Saya pun gak suka bisnis dengan memanfaatkan sesuatu yang lagi booming. Lebih baik berjualan yang pasti pasti aja. Pasti pembelinya pasti hasilnya dan pasti selalu dibutuhkan.

Tonnis Yang Unik dan Menyenangkan

Di beberapa postingan sebelumnya, saya sering menyebutkan bahwa suami menjalin kerjasama untuk pembuatan alat olah raga tonnis. Nah kali ini saya ingin menjelaskan tentang olah raga baru dan unik ini.

“Sejarahnya kok bisa ada olah raga Tonnis ini darimana sih?”

Olah raga ini berawal dari ide Pak Tri Nur Harsono. Beliau seorang dosen Olah Raga yang mengajar di UNNES (Universitas Negeri Semarang).
Awalnya Pak Tri ini melihat bahwa olah raga Tennis kurang diminati oleh masyarakat. Memang masih ada kok yang main hanya saja kebanyakan bapak-bapak. Jarang anak-anak bermain Tennis, apalagi mbak-mbak kayak saya hehehe. Kendala ada pada lapangan, raketnya yang berat, plus mahal bagi sebagian orang. Belum ada yang trauma kena bola tennis yang rasanya mantap djiwa hahaha (sakit tauu).

Masyarakat terutama anak dan remaja lebih memilih Badminton daripada Tennis. Selain peralatan murah, mau main tanpa net pakai net gak masalah. Shuttlecock nyangkut di pohon bisa beli lagi di toko terdekat dan murah hehe. Dari sinilah Pak Tri tergerak untuk membuat olah raga yang menyenangkan seperti Badminton tapi tetap memasukkan unsur Tennis didalamnya. Dari sinilah lahir olah raga bernama Tonnis.

Olah raga Tonnis ini tidak 100% sama dengan Tennis yang biasa kita kenal. Sistem Badminton ada didalam olah raga ini. Tetapi peralatan yang digunakan lebih mendekati Tennis.
Seperti apa peralatan yang digunakan dalam Tonnis? Ada alat pemukulnya yang disebut Paddle terbuat dari kayu atau multiplek, juga bolanya yang seperti bola tennis tapi digemboskan jadi lebih ringan dan daya pantulnya tidak setinggi bola tennis, serta net nya yang lebih mendekati ke net untuk tennis. Bentuk lapangan yang digunakan adalah lapangan Badminton.

Olah raga ini menyenangkan sebab larinya bola gak akan jauh dan bisa dikejar tanpa buang tenaga banyak. Bisa dimainkan sampai 4 orang dalam satu sesi. Rencananya olah raga ini akan terus diperkenalkan hingga menembus PON dan ajang olah raga bergengsi lainnya.

Dari olah raga Tonis ini juga ada pengembangannya lagi yaitu BBM yang Bahasa Inggrisnya Back Ball Mate Bahasa Jawanya Bolak Balik Maning hihihi lucu ya namanya. Olah Raga BBM lebih bertujuan melatih tumpu otot dan melatih gerakan memukul kita. Ketika bola dipukul maka bola akan kembali ke kita dan kita pukul lagi. Saya sudah coba dan susah ye ternyata. Tapi Menurut Pak Tri gampang beuth hihihi. Nah supaya nggak bingung olah raga Tonnis seperti apa dan olah raga BBM seperti apa di akhir postingan ini akan saya berikan videonya. Untuk Tonnis saya ambilkan dari youtube saja ya.

Tertarik? Jika iya silahkan hubungi Pak Tri Nur Harsono langsung ya di no WA 082133287949

Ini untuk Olah Raga Tonnis

Ini untuk Olah Raga BBM

Syarat Kuliah Murah di Korea dengan Korean Government Scholarship Program (KGSP)

Korea Selatan merupakan salah satu destinasi kuliah Negara Asia terpopuler. Korea banyak disukai mahasiswa internasional karena menyediakan kualitas hidup tinggi, reputasi universitas bagus dan program yang banyak disampaikan berbahasa pengantar Inggris. Biaya yang dibutuhkan untuk dapat berkuliah di Korea tentu tidak sedikit. Nah, agar tetap bisa berkuliah dengan biaya yang terjangkau, akan sangat disarankan untuk mengikuti KGSP. Berikut merupakan syarat kuliah murah di Korea dengan KGSP yang harus dipenuhi.

Sekilas tentang Beasiswa KGSP

Gambar 1

KGSP atau Korean Government Scholarship Program adalah beasiswa yang didanai oleh pemerintah Korea untuk mahasiswa internasional. Beasiswa ini sangat populer karena mengcover seluruh biaya, termasuk biaya kuliah dan biaya hidup. Mahasiswa internasional penerima beasiswa akan mengikuti kursus bahasa Korea selama 1 tahun di kampus tujuan. Apabila mahasiswa sebelum mendaftar sudah memperoleh skor TOPIK level 5, maka tidak perlu mengikuti kursus bahasa lagi. Jadi, kuliah S1 di Korea total berdurasi 5 tahun yakni 1 tahun kursus bahasa + 4 tahun kuliah S1, 3 tahun untuk S2 dan 4 tahun untuk S3.

Syarat Kuliah Murah di Korea dengan Beasiswa KGSP

1. Pelamar bukan warga negara Korea

2. Sehat secara fisik dan mental

3. Umur tidak melebihi 25 tahun untuk beasiswa S1 dan tidak melebihi 40 tahun untuk beasiswa S2

4. Sudah menyelesaikan pendidikan menengah atas dengan baik bagi pendaftar program S1

5. Mempunyai gelar Bachelor/S1 atau Master/S2 bagi pendaftar program S2

6. Belum pernah mendaftar ke universitas di Korea sebelumnya

7. Penerima KGSP sebelumnya bisa mendaftar kembali sebanyak 1 kali jika sudah mencapai skor TOPIK level 4, atau sudah menerima surat rekomendasi dari Kedutaan Korea

8. GPA 80% ke atas dari pendidikan sebelumnya

Syarat Kuliah Murah di Korea Lainnya yang Wajib Dipenuhi

Gambar 2

1. Dokumen-dokumen yang wajib diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah:

  • Rapor dan Ijazah SMA dari awal sampai akhir semester plus legalisir dari sekolah usai diterjemahkan
  • Akte lahir plus legalisir oleh notaris usai diterjemah
  • Kartu Keluarga
  • KTP pendaftar dan orang tua

2. Dua surat rekomendasi dari kepala sekolah atau guru dalam bahasa Inggris.

3. Personal Statement yang menerangkan alasan pelamar ingin kuliah di unviersitas tujuan, keahlian-keahlian dan keunggulan yang dimiliki dan alasan pelamar berhak mendapatkan beasiswa.

4. Study Plan yang menerangkan alasan pelamar memilih jurusan tersebut dan apa yang ingin pelamar lakukan usai lulus kuliah.

5. Janji NIIED yang diperoleh dari situs NIIED usai pengumuman pendaftaran beasiswa dikeluarkan.
6. Fotokopi sertifikat TOEFL/IELTS dan TOPIK bila ada.

7. Paspor pendaftar dan orang tua bila ada.

8. Laporan kesehatan

9. Verifikasi Visa D2

10. Sertifikat atau penghargaan yang pernah diraih

Semua dokumen sebagai syarat kuliah murah di Korea yang telah dipenuhi kemudian harus di fotokopi rangkap 3 dan telah dilegalisir. Kemudian, masukkan dalam sebuah amplop dan tulis “KGSP” pada amplop, lalu kirimkan ke:

Kedutaan Besar Korea, Jl. Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta 12950
Telepon:+62-21-2967-2555
Fax: +62-21-2967-2556/2557
Situs: http://idn.mofa.go.kr
E-mail: koremb_in@mofa.go.kr

Alur Penerimaan Beasiswa

Gambar 3

Menyiapkan dokumen sebagai syarat kuliah murah di Korea dengan susunan yang rapi akan mempermudah kerja panitia sekaligus memberikan kesan baik. Jadi, susun dokumen sesuai checklist yang disediakan oleh situs NIIED. Sesudah menerima dokumen-dokumen tersebut, Kedutaan Besar akan menyeleksi kandidat yang layak. Kandidat yang terpilih setelahnya akan dihubungi via email, untuk menghadiri wawancara berbahasa Inggris.

Sesudah lolos wawancara, maka dokumen kandidat akan dilanjutkan ke NIIED yang setelahnya akan diteruskan ke universitas-universitas di Korea berdasarkan dengan pilihan kandidat. Kemudian universitas akan menilai dokumen tersebut dan menentukan apakah pendaftaran tersebut diterima atau tidak.

Itulah informasi mengenai syarat kuliah murah di Korea yang bisa dijalani dengan beasiswa KGSP. Semua syarat yang telah disebutkan harus dipenuhi sebagai kualifikasi dasar penerimaan calon mahasiswa di Korea.

Demikianlah, informasi mengenai syarat kuliah murah di Korea dengan Beasiswa KGSP. Mau tau lebih banyak soal syarat biaya kuliah termurah di dunia atau berbagai jenis biaya murah di negara lainnya? Simak terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

https://www.cekaja.com/info/7-negara-dengan-biaya-kuliah-termurah/

Wajib Dicatat! Ini Daftar Stasiun LRT Jabodebek untuk Pemberhentian Penumpang

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengurangi kemacetan di Ibukota adalah dengan menggunakan transportasi umum. Menggunakan transportasi umum juga akan lebih irit, hemat waktu dan tenaga. Ada banyak transportasi umum yang bisa dipilih mulai transjakarta, MRT dan KRL. Namun beberapa waktu kedepan masyarakat di wilayah Jabodebek bisa menikmati LRT. LRT Jabodebek diperkirakan mulai beroperasi pada tahun 2021. Sebelum menikmatinya maka terlebih dahulu harus mencari informasi seputar daftar stasiun LRT Jabodebek yang dilalui.

Apa Perbedaan Antara KRL, MRT dan LRT?

Gambar 1

Pembangunan LRT Jabodebek yang saat ini sedang dibangun membuat masyarakat bertanya-tanya perbedaannya dengan KRL dan MRT. Perlu diketahui jika pada tahun 2019 masyarakat ibukota bisa menikmati MRT. Jauh sebelum kemunculan MRT juga sudah menikmati KRL. Lalu apa perbedaan di antara ketiganya? Padahal ketiganya sama-sama kereta api.

KRL atau Kereta Api Listrik adalah rangkaian kereta api yang bergerak dengan menggunakan sistem propulsi motor listrik. KRL bisa ditemukan di wilayah Jabodetabek. Meski menggunakan tenaga listrik tetapi KRL berbeda dengan kereta listrik.MRT atau Mass Rapid Transit adalah transportasi transit cepat menggunakan kereta rel listrik.

MRT ini merupakan transportasi massal cepat dengan berdaya angkut besar. Di Indonesia sendiri MRT hanya bisa ditemukan di Jakarta. Sedangkan LRT adalah sistem angkutan ringan berdaya angkut kecil. LRT nantinya akan beroperasi di wilayah Jabodebek.

Daftar Stasiun LRT Jabodebek

Sebelum LRT Jabodebek resmi beroperasi maka perlu untuk mengetahui daftar stasiun LRT Jabodebek yang dilintasi. Informasi ini sangat penting untuk dilalui supaya tidak salah stasiun ketika ingin menaiki LRT Jabodebek.

1. Lintas Cibubur-Cawang

Gambar 2

Untuk lintas Cibubur-Cawang, LRT Jabodebek akan melalui 4 pemberhentian. Mulai dari Taman Mini Indonesia Indah, Kampung Rambutan, Ciracas dan Harjamukti Cibubur. Panjang lintasan yang dilalui adalah 14,5 km. Adapun daftar stasiun untuk lintasan ini adalah.

Pertama adalah Stasiun Cawang, pemberhentian di stasiun ini adalah pemberhentian kereta api kelas II. Terletak di Jalan Tebet Timur no 11, Tebet Timur, Jakarta Selatan. Selanjutnya Stasiun Taman Mini, pemberhentian Taman mini memiliki dua tingkat. Tingkat pertama digunakan untuk komersial dan pembelian tiket. Sedangkan lantai dua untuk menunggu kereta. Stasiun LRT Taman Mini diperkirakan bisa menampung sekitar 800 penumpang.

Stasiun pemberhentian selanjutnya adalah Stasiun Kampung Rambutan. Pemberhentian ini nantinya akan terhubung dengan Terminal Kampung Rambutan. Daftar stasiun berikutnya yaitu Stasiun Ciracas, pemberhentian ini nantinya akan terhubung dengan LRT City Ciracas. Stasiun terakhir di lintas ini adalah Stasiun Harjamukti, pemberhentian ini dekat dengan Cibubur Junction.

2. Lintas Cawang – Bekasi Timur

Lintasan Cawang Bekasi Timur panjangnya 18,5 km dan melalui tujuh tempat pemberhentian. Ketujuh tempat tersebut adalah Halim, Jatibening Baru, Cikunir 1, Cikunir 2, Bekasi Barat dan Jatimulya. Adapun daftar stasiun LRT untuk lintas ini adalah.

Pertama Stasiun cawang, stasiun ini merupakan pemberhentian akhir dan transit menuju jalur Cawang-Cibubur (pemberhentian Cawang 1) dan Cawang – Dukuh Atas. Pada pemberhentian ini letaknya dekat dengan pemberhentian Cawang KCJ serta halte koridor 7 Transjakarta dan Halte BNN.

Urutan daftar stasiun pemberhentian selanjutnya adalah Stasiun Halim, Stasiun Jatibening Baru, Stasiun Cikunir 1, Stasiun Cikunir 2, Stasiun Bekasi Barat dan terakhir di Stasiun Jati Mulya. Pemberhentian Stasiun Jati Mulya terhubung dengan Grand Dhika City.

3. Lintas Cawang – Dukuh Atas

Gambar 3

Untuk lintasan Cawang- Kuningan- Dukuh Atas panjangnya 11,5 km dan melalui enam tempat pemberhentian. Keenam tempat tersebut adalah Ciliwung, Cikoko, Kuningan, Rasuna Said, Setiabudai dan Dukuh atas.
Sedangkan daftar stasiun LRT Jabodebek untuk lintasan ini adalah Stasiun LRT Cawang, Stasiun LRT Cikoko, Stasiun LRT Ciliwung, Stasiun LRT Pancoran, Stasiun LRT Kuningan, Stasiun LRT Rasuna Said, Stasiun LRT Setia Budi dan Stasiun LRT Dukuh Atas.

Dengan mengetahui daftar stasiun LRT Jabodebek yang telah disebutkan sebelumnya, maka penumpang tidak akan salah salah mencari tempat pemberhentian LRT. Selain itu, dengan mengetahui daftar stasiun LRT Jabodebek, penumpang juga bisa memperkirakan stasiun mana yang paling dekat untuk dijangkau.

Itulah informasi mengenai informasi seputar daftar stasiun LRT Jabodebek. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal LRT Jabodebek? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

https://www.cekaja.com/info/harap-bersabar-lrt-jabodebek-baru-selesai-tahun-2021/

Cara Membuat CV di Canva untuk Hasil CV yang Menarik dan Berkualitas

Curriculum Vitae atau resume termasuk hal yang sangat penting untuk lamaran kerja. Pelamar sangat dianjurkan membuat Curriculum Vitae (CV) dengan tampilan bagus dan berbeda daripada pelamar lainnya. Cara paling simple adalah memakai Canva, karena bisa dikerjakan via online. Lalu bagaimana cara membuatnya? Simak ulasan cara membuat CV di Canva yang bagus dan keren berikut ini!

Langkah-langkah Cara membuat CV di Canva

1. Pilih Jenis Desain

Gambar 1

Sebenarnya, cara membuat CV di Canva menyerupai pembuatan kartu nama. Pertama, buka aplikasi atau laman Canva, lalu klik masuk atau log in via google atau facebook. Kemudian langsung klik gambar kaca pembesar di bagian kiri, dan tulis “resume” pada kolomnya. Apabila sudah muncul ikon di bawahnya, klik saja tombolnya, “resume“.

2. Pilih Template

Kemudian, cara membuat CV di Canva dilanjutkan dengan memilih desain template atau bahkan membuat desain sendiri. Jika ingin mempersingkat waktu, pilih saja template yang sudah ada. Biasanya, template sudah disediakan di bagian kiri. Pelamar hanya tinggal memilih ingin pakai template yang mana. Langsung scroll saja ke bawah, nanti akan ada banyak template yang bagus dan free. Apabila sudah dapat template yang bagus dan sesuai dengan keinginan, langsung klik saja. Nanti akan muncul di sebuah halaman putih kosong.

3. Edit Data

Sesudah template yang di klik tampil di halaman kerja, bisa langsung edit. Tinggal klik bagian mana yang akan diedit. Apabila ukuran huruf terlalu kebesaran, bisa diedit di bagian atas halaman kerja. Dan jika jenis huruf belum cocok, bisa diedit pada bagian atas halaman kerja. Klik saja jenis hurufnya, nanti akan muncul banyak jenis lainnya yang bisa dipakai.

4. Download File

Gambar 2

Jika seluruh tahap telah selesai, tinggal unduh file yang sudah dibuat. Caranya, dengan klik tombol Publish di kanan atas. Nanti pilihan akan keluar pada bagian bawah. Klik tombol Download dan keluar pilihan lainnya. Di sini bisa pilih download file dalam bentuk yang mana. Karena dokumennya mau diprint, maka sebaiknya pilih jenis file PDF Print. Supaya kualitas hasil print cetaknya bagus. Sesudah jenis file-nya dipilih, lalu klik download lagi. Kemudian file akan diproses dan diunduh. Setelah selesai, akan muncul notif yang menyatakan bahwa proses download telah sukses.

Tips dan Cara Membuat CV di Canva yang Bagus dan Keren
Membuat CV tentu tidak boleh asal-asalan supaya peluang diterima bekerja menjadi besar. Lalu bagaimana tips membuat CV yang bagus? Simak tips cara membuat CV di Canva berikut ini.

1. Pilih Foto yang Kasual

Faktanya, melampirkan foto diri dalam CV itu tidak wajib. Namun, jika pelamar ingin menampilkannya itu boleh saja. Foto yang dipilih juga tidak harus foto resmi seperti di KTP. Pelamar boleh pilih foto yang kasual, bisa full-face maupun full-body asal wajah pelamar terlihat jelas. Pilih foto dengan wajah ceria dan penuh senyum yang menawan. Namun, jangan pilih foto selfie juga.

2. Sertakan Portfolio

Tampilkan kemampuan pelamar dalam CV dengan menyertakan beberapa portofolio yang paling keren. Cara menampilkan portfolio ini ada bermacam-macam. Contohnya, jika pelamar seorang desainer kemasan makanan, maka sertakan beberapa desain yang pernah diciptakan di dalam CV. Apabila pelamar ialah arsitek, maka tampilkan desain rumah dalam CV seperti beberapa gambar 3D desain pribadi, atau bisa juga foto rumah yang pernah didesain sebelumnya.

3. Tampilkan Riwayat Organisasi

Gambar 3

Dalam pembuatan CV, pelamar sangat dianjurkan untuk menulis beberapa organisasi yang pernah diikuti. Baik dari organisasi kampus seperti BEM, maupun organisasi di luar kampus. Karena, perekrut biasanya akan lebih mempertimbangkan pengalaman pelamar dalam berorganisasi.

4. Berikan Ulasan Riwayat Kerja

Berikan saja riwayat kerja dalam CV, jika pelamar sudah mempunyai pengalaman kerja sebelumnya. Dengan catatan pengalaman kerja yang ditulis tersebut berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar. Juga sertakan surat pengalaman kerja yang didapat dari perusahaan sebelumnya.

5. Lampirkan Kemampuan yang Dikuasai

Pelamar bisa menjelaskan beberapa kemampuan yang dikuasai, contohnya skill berbahasa Inggris, desain, SEO, bahasa pemrograman, public speaking, dan kemampuan lainnya yang bisa mendukung pekerjaan. Cukup tampilkan beberapa skill saja yang memang sangat dikuasai.

Itulah, ulasan tentang cara membuat CV di Canva yang bagus dan keren. Mau tau lebih banyak tentang atau ulasan penting tentang cara membuat CV atau pembuatan CV menarik lainnya? Simak terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

https://www.cekaja.com/info/tips-membuat-cv-yang-out-of-the-box-saat-melamar-kerja/

5 Pilihan Karier untuk Lulusan Sastra Inggris yang Menjanjikan

Tidak bisa dipungkiri jika mayoritas masyarakat Indonesia menganggap jika setelah lulus kuliah selalu terjun ke dunia pendidikan. Sama halnya dengan lulusan sastra Inggris yang selalu erat dekat dengan stigma jika setelah lulus akan menjadi seorang guru. Padahal lulusan sastra Inggris memiliki cangkupan pekerjaan yang cukup luas. Asumsi seperti itu juga dipengaruhi oleh ketidaktahuan lowongan pekerjaan khusus untuk lulusan sastra Inggris. Berikut ini merupakan rekomendasi 5 pilihan karier untuk lulusan sastra Inggris yang menjanjikan.

Mengenal Jurusan Sastra Inggris

Gambar 1

Sastra Inggris merupakan salah satu jurusan yang populer di Indonesia. Ada beberapa universitas negeri dan swasta di Indonesia yang membuka jurusan sastra Inggris atau English Literature. Meski menjadi salah satu jurusan yang populer ternyata masih ada banyak orang yang enggan masuk ke jurusan ini dengan alasan susah mencari kerja. Tetapi realita saat ini tidak seperti itu, banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan dengan kemampuan bahasa Inggris cukup bagus.

5 Pilihan Karier untuk Lulusan Sastra Inggris

Banyak orang yang menganggap bahwa lulusan sastra Inggris setelah lulus akan menjadi seorang sastrawan. Anggapan ini tidak bisa disalahkan karena memang jurusan ini akan mempelajari seluk beluk sastra. Akan tetapi, perlu diketahui ada banyak pekerjaan yang bisa diperoleh setelah lulus dari jurusan ini. Jika masih bingung inilah 5 pilihan karier untuk lulusan sastra Inggris.

1. Terjun ke Bidang Penerbitan

Gambar 2

Rekomendasi 5 pilihan karier untuk lulusan sastra Inggris yang pertama adalah terjun ke bidang penerbitan atau publishing. Jenis pekerjaan ini memang sangat relevan untuk lulusan sastra Inggris. Kemampuannya dalam bahasa Inggris sangat berguna untuk beberapa posisi di sebuah perusahaan penerbitan, salah satunya menjadi tim editor.
Menjadi seorang editor membutuhkan proses yang panjang. Pengalaman memang menjadi salah satu kunci yang cukup berharga. Untuk mendapatkan pengalaman sebaiknya saat kuliah sudah pernah magang menjadi staf editor. Sehingga ketika sudah lulus sudah menjadi seorang editor.

2. Menjadi Jurnalis

Media dan jurnalistik cukup diminati oleh para lulusan sastra Inggris. Persaingan di bidang ini bisa dikatakan cukup ketat. Supaya bisa bekerja di media diharuskan untuk mempunyai skill menulis yang baik. Skill ini nantinya akan digunakan saat menjadi seorang reporter.
Sedangkan bagi lulusan sastra Inggris yang memiliki kemampuan dalam menganalisis teks, bisa bekerja di bagian produksi. Bagian produksi ini seringkali membutuhkan riset tambahan sebelum liputan ditayangkan. Posisi yang cocok untuk lulusan sastra Inggris adalah News Researcher, Product Management dan Marketer.

3. Berinovasi Lewat Startup

Salah satu dari 5 pilihan karier untuk lulusan sastra Inggris selanjutnya adalah berinovasi melalui startup. Saat ini banyak perusahaan startup yang merekrut karyawan dengan latar belakang jurusan sastra Inggris. Tujuannya karena membutuhkan karyawan yang mempunyai kemampuan menulis dan komunikasi verbal menggunakan bahasa Inggris.
Kemampuan tersebut nantinya akan digunakan untuk bekerja sama dalam menghasilkan berbagai inovasi baru bersama dengan generasi muda lainnya. posisi yang cocok untuk anak lulusan sastra Inggris di perusahaan startup adalah staf HRD, Product Owner, Content Creator dan juga manajemen.

4. Marketing dan Public Relations

Gambar 3

Lulusan sastra Inggris diasumsikan memiliki kemampuan cukup baik untuk berkreasi dan mematangkan suatu konsep. Apabila mempunyai kemampuan ini sebaiknya bekerja sebagai marketing atau public relations. Saat masih kuliah tentunya mendapatkan mata kuliah creative writing yang tanpa disadari bisa berkontribusi dalam dunia marketing.

Bekerja sebagai marketing atau public relations di suatu perusahaan akan mendapatkan gaji cukup besar. tetapi harus diimbangi dengan ketercapaian target yang telah ditentukan sebelumnya.

5. Mencerdaskan Anak Bangsa Melalui Dunia Pendidikan

Dan daftar 5 pilihan karier untuk lulusan sastra Inggris yang terakhir adalah mencerdaskan anak bangsa. Maksudnya lulusan sastra Inggris bisa bekerja dalam dunia pendidikan sebagai guru, dosen, peneliti, volunteer dan sebagainya. tidak bisa dipungkiri jika mayoritas lulusan jurusan ini mempunyai kemampuan komunikasi yang cukup baik.
Selain beberapa profesi yang disebutkan di atas, lulusan sastra Inggris juga bisa membuka les privat. Saat ini les privat bahasa Inggris cukup diminati oleh anak-anak supaya mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang bagus.

Itulah informasi mengenai 5 pilihan karier untuk lulusan sastra Inggris. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal jurusan sastra Inggris? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

https://www.cekaja.com/info/peluang-kerja-menjanjikan-buat-lulusan-sastra-Inggris-kepoin-yuk/